Peran Filsafat dalam Membangun Manusia yang Berkarakter


Peran Filsafat dalam Membangun Manusia yang Berkarakter
1. Pendahuluan Filsafat
Dalam perkembangannya Pythagoras (572-497 SM) yang notabenenya merupakan seorang filosof pertama sekali menggunakan kata filsafat dalam bidang keilmuan. Ia mengemukakan bahwa manusia dapat dibagi ke dalam tiga tipe: mereka yang mencintai kesenangan, mereka yang mencintai kegiatan, dan mereka yang mencintai kebijaksanaan. Menilik hal tersebut jelas dapat diuraikan sebuah sudu pandang yang akurat tentang filsafat. Filsafat adalah keleluasaan mencintai bagi seorang manusia untuk mencapai kesenangan, kegiatan dan kebijaksanaannya. Kelihatannya memang seperti sebuah konsep yang hanya memikirkan manusia. Mulai dari bagaimana manusia tersebut dapat mencintai setiap segala sesuatu yang ia kerjakan, kesenangan hingga mampu menarik sebuah sikap bijksana. Sikap-sikap tersebut adanya lahir dari sebuah keterbatasan yang dimiliki manusia itu sendiri. Kemampuan mengakomodir sehingga terjadinya sebuah sinkronisasi akan filsafat. 
Filsafat memiliki objek berupa penemuan berupa kenyataan atau kebenaran absolut. Pangkal dari segala ilmu yang mana dari sinilah lahir berbagai jenis dan aliran ilmu yang sedang berkembang di muka bumi. Manusia adalah pelaku atau bagian tertinggi dari sistem makhluk hidup yang mampu berpikir dan mengaitkan logika secara benar. Tentu saja kebenaran yang hakiki melekat pada diri setiap seseorang yang disebut manusia. Baik secara individu yang telah paham nilai-nilai tersebut ataupun yang masih mencari melalui empirisme dalam filsafat.
Dalam studi filsafat kita akan menemukan kemunculan-kemunculan kebenaran yang absolut. Tidak bisa dipungkiri sehingga itu menjadi jalan yang membawa ilmu-ilmu masuk dalam ranah baru, penciptaan dan pengkajian ilmu baru sehingga ilmu membawa manfaat bagi kehidupan umat manusia. Filsafat yang didengungkan oleh masyarakat saat ini menjadi sangat penting, sebab seperti yang dikatakan oleh Muntasyir (2001:2) bahwa,
1. Filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepercayaan teerhadap kehidupan dan alam yang biasanya diterima secara tidak kritis (arti informal)
2. Filsafat adalah suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yang sangat kita junjung tinggi (arti formal)
3. Filsafat adalah usaha untuk mendapatkan gambaran keseluruhan, artinya filsafat berusaha untuk mengkombinasikan hasil dari bermacam-macam sains dan pengalaman manusia sehingga menjadi pandangan yang konsisten tentang alam (arti spekulatif)
4. Filsafat adalah analisis logis dari bahasa serta penjelasan tentang arti kata dan konsep. Corak filsafat yang demikian rupa ini dinamakan logosentrisme.
5. Filsafat adalah sekumpulan problema yang langsung mendapatkan perhatian dari manusia dan yang dicarikan jawabannya oleh ahli-ahli filsafat.
Dalam penjelasan tersebut, sangatlah erat kaitan filsafat dengan manusia. Sebagai bentuk paling lekat maka filsafat dijadikan sebagai penguat dari pondasi kehidupan manusia itu sendiri. Filsafat bukan merupakan batasan bagi manusia tersebut untuk berkembang hanya sampai pada satu titik penemuan (discovery) namun mengajarkan manusia itu sebagai subyek yang berperan melahirkan objek-objek baru dalam ilmu pengetahuan.
2. Manusia dan Filsafat
A. Hakikat Manusia 
Manusia secara bahasa disebut juga insan, yang dalam bahasa arabnya berasal dari kata ‘nasiya’ yang berarti lupa. Dan jika dilihat dari kata dasar ‘al-uns’ yang berarti jinak. Kata insan dipakai untuk menyebut manusia, karena manusia memiliki sifat lupa dan jinak artinya manusia selalu menyesuaikan diri dengan keadaan yang baru disekitarnya. Manusia memiliki cara keberadaan yang sekaligus membedakannya secara nyata dengan mahluk yang lain. Seperti dalam kenyataan mahluk yang berjalan diatas dua kaki, kemampuan berfikir, dan berfikir tersebut yang menentukan manusia pada hakekat manusia.
Manusia juga memiliki karya yang dihasilkan sehingga berbeda dengan mahluk yang lain. Manusia dalam memiliki karya dapat dilihat dalam seting sejarah dan seting psikologis situasi emosional an intelektual yang melatarbelakangi karyanya. Dari karya yang dibuat manusia tersebut menjadikan ia sebagai mahluk yang menciptakan sejarah. Manusia juga dapat dilihat dari sisi dalam pendekatan teologis, dalam pandangan ini melengkapi dari pandangan yang sesudahnya dengan melengkapi sisi trasendensi dikarenakan pemahaman lebih bersifat fundamental. Pengetahuan pencipta tentang ciptaannya jauh lebih lengkap dari pada pengetahuan ciptaan tentang dirinya. (Musa Asy’ari, Filsafat Islam, 1999)
Berbicara tentang manusia maka yang tergambar dalam fikiran adalah berbagai macam perfektif. Ada yang mengatakan manusia adalah hewan rasional (animal rasional) dan pendapat ini diyakini oleh para filosof. Sedangkan yang lain menilai manusia sebagai animal simbolik, pernyataan tersebut dikarenakan manusia mengkomunikasikan bahasa melalui simbol-simbol dan manusia menafsirkan simbol-simbol tersebut. Ada yang lain menilai tentang manusia adalah sebagai homo feber dimana manusia adalah hewan yang melakukan pekerjaan dan dapat gila terhadap kerja. Manusia memang sebagai mahluk yang aneh dikarenakan disatu pihak ia merupakan “Makhluk Alami”, seperti binatang ia memerlukan alam untuk hidup. Dipihak lain ia berhadapan dengan alam sebagai sesuatu yang asing ia harus menyesuaikan alam sesuai dengan kebutuh-kebutuhannya. 
Manusia dapat disebut sebagai homo sapiens, manusia arif memiliki akal budi dan mengungguli makhluk yang lain. Manusia juga dikatakan sebagai homo faber hal tersebut dikarenakan manusia tukang yang menggunakan alat-alat dan menciptakannya. Salah satu bagian yang lain manusia juga disebut sebagai homo ludens (mahluk yang senang bermain). Dalam bermain manusia memiliki ciri khasnya dalam suatu kebudayaan bersifat funFun disini merupakan kombinasi lucu dan menyenangkan. Permainan dalam sejarahnya juga digunakan untuk memikat dewa-dewa dan bahkan ada suatu kebudayaan yang menganggap permainan sebagai ritual suci. (K. Bertens, Panorama Filsafat Modern, 2005)
Marx menunjukan perbedaan antara manusia dengan binatang tentang kebutuhannya. Binatang langsung menyatu dengan kegiatan hidupnya, sedangkan manusia membuat kerja hidupnya menjadi objek kehendak dan kesadarannya. Binatang berproduksi hanya apa yang ia butuhkan secara langsung bagi dirinya dan keturunannya, sedangkan manusia berproduksi secara universal bebas dari kebutuhan fisik, ia baru produksi dari yang sesungguhnya dalam kebebasan dari kebutuhannya. Manusia berhadapan bebas dari produknya dan binatang berproduksi menurut ukuran dan kebutuhan jenis produksinya, manusia berproduksi menurut berbagai jenis dan ukuran dengan objek yang inheren, dikarenakan manusia berproduksi menurut hukum-hukum keindahan. Manusia dalam bekerja secara bebas dan universal, bebas dapat bekerja meskipun tidak merasakan kebutuhan langsung, universal dikarenakan ia dapat memakai beberapa cara untuk tujuan yang sama. Dipihak yang lain ia dapat menghadapi alam tidak hanya dalam kerangka salah satu kebutuhan. Oleh sebab itu menurut Marx manusia hanya terbuka pada nilai-nilai estetik dan hakekat perbedaan manusia dengan binatang adalah menunjukan hakekat bebas dan universal.(Franz Magnis Suseno, Pemikiran Karl Marx, 1999).
Antropologi adalah merupakan salah satu dari cabang filsafat yang mempersoalkan tentang hakekat manusia dan sepanjang sejarahnya manusia selalu mempertanyakan tentang dirinya, apakah ia sedang sendirian, yang kemudian menjadi perenungan tentang kegelisahan dirinya, ataukah ia sedang dalam dinamika masyarakat dengan mempertanyakan tentang makna hidupnya ditengan dinamika perubahan yang kompleks, dan apakah makna keberadaannya ditengah kompleksitas perubahan itu? Pertanyaan tentang hakekat manusia merupakan pertanyaan kuno seumur keberadaan manusia dimuka bumi. Dalam jawaban tentang manusia tidak pernah akan selesai dan dianggap tidak pernah sampai final dikarenakan realitas dalam keling manusia selalu baru, meskipun dalam subtansinya tidak berubah. (Musa Asy’ari, Filsafat Islam, 1999)
Manusia menurut Paulo Freire manusia merupakan satu-satunya mahluk yang memiliki hubungan dengan dunia. Manusia berbeda dari hewan yang tidak memiliki sejarah, dan hidup dalam masa kini yang kekal, yang mempunyai kontak tidak kritis dengan dunia, yang hanya berada dalam dunia. Manusi dibedakan dari hewan dikarenakan kemampuannya untuk melakukan refleksi (termasuk operasi-operasi intensionalitas, keterarahan, temporaritas dan trasendensi) yang menjadikan mahluk berelasi dikarenakan kapasitasnya untuk meyampaikan hubungan dengan dunia. Tindakan dan kesadaran manusia bersifat historis manusia membuat hubungan dengan dunianya bersifat epokal, yang menunjukan disini berhubungan disana, sekarang berhubungan masa lalu dan berhubungan dengan masa depan. manusia menciptakan sejarah juga sebaliknya manusia diciptakan oleh sejarah. (Denis Collin, Paulo Freire Kehidupan, Karya dan Pemikirannya, 2002).
Hakekat manusia selalu berkaitan dengan unsur pokok yang membentuknya, seperti dalam pandangan monoteisme, yang mencari unsur pokok yang menentukan yang bersifat tunggal, yakni materi dalam pandangan materialisme, atau unsur rohani dalam pandangan spritualisme, atau dualisme yang memiliki pandangan yang menetapkan adanya dua unsur pokok sekaligus yang keduanya tidak saling menafikan nyaitu materi dan rohani, yakni pandangan pluralisme yang menetapkan pandangan pada adanya berbagai unsur pokok yang pada dasarnya mencerminkan unsur yang ada dalam marco kosmos atau pandangan mono dualis yang menetapkan manusia pada kesatuannya dua unsur, ataukah mono pluralism yang meletakkan hakekat pada kesatuannya semua unsur yang membentuknya. Manusia secara individu tidak pernah menciptakan dirinya , akan tetapi bukan berarti bahwa ia tidak dapat menentukan jalan hidup setelah kelahirannya dan eksistensinya dalam kehidupan dunia ini mencapai kedewasaan dan semua kenyataan itu, akan memberikan andil atas jawaban mengenai pertanyaan hakekat, kedudukan, dan perannya dalam kehidupan yang ia hadapi. (Musa Asy’ari, Filsafat Islam,1999)

B. Peran Filsafat dalam Membangun Manusia Berkarakter
Dalam makalah ini akan membahas tentang unsur-unsur pembentuk manusia yang dapat membantu manusia untuk hidup lebih baik. Pembentukan manusia yang lebih baik bukan dalam arti moral; baik buruknya manusia, tetapi dalam arti pembentukan manusia sebagai makhluk yang hidup dan berbudaya, yakni hidup yang lebih bijaksana, dan lebih kritis. Membentuk manusia yang berkarakter.
Karakter adalah  Sifat seseorang yang mencakup perilaku, kebiasaan, kesukaan, kemampuan, bakat, potensi, nilai-nilai, dan pola pikir. Kepribadian  itu sendiri adalah  bersifat khas individu dan karakter dimiliki secara komunal. Karakter merupakan struktur antropologis manusia, tempat di mana manusia menghayati kebebasannya dan mengatasi keterbatasan dirinya. Struktur antropologis ini melihat bahwa karakter bukan sekedar hasil dari sebuah tindakan, melainkan secara simultan merupakan hasil dan proses. Dinamika ini menjadi semacam dialektika terus menerus dalam diri manusia untuk menghayati kebebasannya dan mengatasi keterbatasannya. Karena itu, tentang karakter seseorang kita hanya bisa menilai apakah seorang itu memiliki karakter kuat atau lemah. 
Apakah ia lebih terdominasi pada kondisi-kondisi yang telah ada dari sananya atau ia menjadi tuan atas kondisi natural yang telah ia terima? Apakah yang given itu lebih kuat daripada yang willed tadi. Orang yang memiliki karakter kuat adalah mereka yang tidak mau dikuasai oleh sekumpulan realitas yang telah ada begitu saja dari asalnya. Sedangkan, orang yang memiliki karakter lemah adalah orang yang tunduk pada sekumpulan kondisi yang telah diberikan kepadanya tanpa dapat menguasainya. Orang yang berkarakter dengan demikian seperti seorang yang membangun dan merancang masa depannya sendiri. Ia tidak mau dikuasai oleh kondisi kodratinya yang menghambat pertumbuhannya. Sebaliknya, ia menguasainya, mengembangkannya demi kesempurnaan kemanusiaannya. Ada beberapa ciri-ciri manusia berkarakter, antara lain adalah:
1.      Saling menghormati dan menghargai
2.      Rasa kebersamaan dan tolong menolong
3.      Rasa persatuan dan kesatuan sebagai suatu bangsa
4.      Rasa perduli dalam kehidupan bemasyarakat, berbangsa dan bernegara
5.      Adanya moral, akhlak yang dlandasi oleh nilai agama
6.     Adanya perilaku dalam sifat sifat kejiwaan yang saling menghormati dan saling menguntungkan
7.      Adanya kelakuan dan tingkah laku yang senantiasa menggambarkan nilai nilai agama, nilai nilai hukum, nilai nilai budaya
8.      Sikap dan perilaku yang menggambarkan nilai nilai kebangsaan.

Seperti yang kita tahu bahwa, filsafat bukanlah ilmu positif seperti fisika, kimia, biologi, tetapi filsafat adalah ilmu kritis yang otonom di luar ilmu-ilmu positif. Kelompok mencoba mengangkat unsur pembentukan manusia. 
Unsur lain yang menurut kelompok dapat membantu membentuk karakter manusia sehingga manusia dapat hidup secara lebih baik, lebih bijaksana adalah agama. Dengan kata lain, agama mengandung nilai-nilai universal yang pada hakikatnya mengajarkan yang baik bagi penganutnya.
Dalam mata ‘pisau’ filsafat ketiga unsur pembentuk manusia untuk hidup secara lebih baik bisa dilihat dan dijelaskan secara lebih dalam pokok-pokok berikut.
I. Manusia mengetahui dirinya dan dunianya
Telah dikatakan sebelumnya (pada bagian pendahuluan) bahwa pengetahuan merupakan salah satu unsur yang penting dalam hubungan dengan pembentukan manusia untuk hidup secara lebih baik dan lebih sempurna. Manusia adalah makluk yang sadar dan mempunyai pengetahuan akan dirinya. Selain itu juga manusia juga mempunyai pengetahuan akan dunia sebagai tempat dirinya bereksistensi. Dunia yang dimaksudkan di sini adalah dunia yang mampu memberikan manusia kemudahan dan tantangan dalam hidup. Dunia di mana manusia bereksistensi dapat memberikan kepada manusia sesuatu yang berguna bagi pembentukan dan pengembangan dirinya.
Pengetahuan merupakan kekayaan dan kesempurnaan bagi makhluk yang memilikinya. Manusia dapat mengetahui segala-galanya, maka ia menguasai makhluk lain yang penguasaannya terhadap pengetahuan kurang. Dalam lingkungan manusia sendiri seseorang yang tahu lebih banyak adalah lebih baik bila dibandingkan dengan yang tidak tahu apa-apa. Pengetahuan menjadikan manusia berhubungan dengan dunia dan dengan orang lain, dan itu membentuk manusia itu sendiri.
Namun, pengetahuan manusia begitu kompleks. Pengetahuan manusia menjadi kompleks karena dilaksanakan oleh suatu makhluk yang bersifat daging dan jiwa sekaligus,  maka pengetahuan manusia merupakan sekaligus inderawi dan intelektif. Pengetahuan dikatakan inderawi lahir atau luar bila pengetahuan itu mencapai secara langsung, melalui penglihatan, pendengaran, penciuman, perasaan dan peraba, kenyataan yang mengelilingi manusia. Sementara, pengetahuan itu dikatakan inderawi batin ketika pengetahuan itu memperlihatkan kepada manusia, dengan ingatan dan khayalan, baik apa yang tidak ada lagi atau yang belum pernah ada maupun yang terdapat di luar jangkauan manusia. Pengetahuan intelektif merupakan watak kodrati pengetahuan manusia yang lebih tinggi.
Lalu, bagaimana pengetahuan yang dimiliki manusia tentang dirinya dan dunianya dapat membentuk manusia untuk hidup secara lebih baik? Manusia mengetahui dirinya berarti mengenal dengan baik kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirinya. Sementara, manusia mengetahui dunianya berarti manusia mengenal secara baik apa yang ada atau terkandung dalam dunianya itu, baik potensi yang dapat memudahkan manusia itu sendiri maupun tantangan yang diperhadapkan kepadanya. Kekurangan manusia dapat diatasi dengan apa yang ada dalam dunianya. Tentu saja melalui suatu relasi, baik relasi dengan orang lain maupun relasi dengan alam. Pengetahuan dan pengenalan atas diri dan dunianya membantu manusia untuk mengarahkan dirinya kepada hidup yang lebih baik. Salah satu cara manusia mengetahui dirinya dan lingkungannya adalah melalui pendidikan. Dan pendidikan di sini tentu saja pendidikan yang diharuskan untuk seni yang baik, yang khas hanya untuk manusia, dan yang membedakannya dari semua binatang.
Jadi, melalui pengetahuanlah manusia mempunyai hubungan dengan dirinya, dunia dan orang lain. Melalui pengetahuan benda-benda dimanisfestasikan dan orang-orang dikenal, dan bahwa tiap orang menghadiri dirnya. Melalui pengetahuan pula manusia bisa berada lebih tinggi, dan dapat membentuk hidupnya secara lebih baik. Dengan pengetahuan manusia dapat melalukan sesuatu atau membentuk kembali sesuatu yang rusak menjadi baik berdasarkan pengetahuan yang dimilikinya. Melalui pengetahuan manusia dapat mengenal dirinya, orang lain dan dunia di sekitarnya, sehingga ia mampu menempatkan dirinya dalam dunianya itu (dapat beradaptasi dengan dunianya).
II. Manusia dalam hidup komunitas
Secara umum komunitas dapat diartikan sebagai suatu perkumpulan atau persekutuan manusia yang bersifat permanen demi pencapaian suatu tujuan umum yang diinginkan. Dan umumnya tujuan yang hendak dicapai itu didasarkan atas kesatuan cinta dan keprihatinan timbal balik satu dengan yang lain. Jadi, secara tidak langsung hidup komunitas dapat dimengerti sebagai suatu kehidupan dimana terdapat individu-individu manusia yang membentuk suatu persekutuan guna mancapai suatu tujuan bersama. Dan tujuan yang dicapai itu selalu merunjuk pada nilai-nilai tertentu yang diinginkan bersama. Misalnya, nilai kebaikan, keindahan, kerja sama dan sebagainya. Selanjutnya, dalam mencapai tujuan bersama itu setiap individu (anggota persekutuan) saling berinteraksi atau bekerjasama satu dengan yang lain guna tercapainya tujuan yang ingin dicapai.
Akan tetapi serentak pula tak dapat disangkal bahwa melalui kehidupan komunitas kepribadian manusia dapat dibentuk melalui proses sosialisai dan internalisasi. Artinya, melalui nilai-nilai yang dicapai dalam hidup komunitas itu disampaikan kepada setiap individu (anggota persekutuan). Selanjutnya, nilai-nilai itu dijadikan oleh pegangan dalam diri setiap individu.
Dalam hubungan dengan pembentukan karakter manusia untuk hidup secara lebih baik, maka pertanyaan yang patut dikemukakan adalah apakah kehidupan komunitas dapat membentuk manusia untuk hidup secara lebih baik atau lebih bijaksana dan kritis?
Menjawab pertanyaan di atas maka dapat dikatakan bahwa kehidupan komunitas dapat membentuk hidup manusia secara lebih baik. Dapat dikatakan demikian karena    pada dasarnya kodrat manusia adalah makhluk sosial. Itu berarti manusia selalu berada bersama dengan sesamanya atau orang lain. Ia tidak berada sendirian, melainkan selalu berada bersama dengan orang lain. Manusia selalu berada dengan orang lain dan membentuk suatu persekutuan yang disebut sebagai komunitas. Mereka membentuk hidup besama karena ada nilai yang ingin dicapai secara bersama. Nilai yang ingin dicapai adalah membentuk hidup secara lebih baik. Nilai hidup secara lebih baik itu dicapai lewat interaksi atau kerja sama setiap individu dalam komunitas. Selanjutnya, setelah mencapai nilai  yang diinginkan itu (membentuk hidup secara lebih baik), kemudian disosialisasikan kepada individu (anggota komunitas) dan selanjutnya individu menjadikan nilai tersebut menjadi pegangan dalam dirinya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui kehidupan komunitas dapat membentuk hidup manusia secara lebih baik, lewat nilai yang ditemukan dalam kehidupan komunitas itu. Nilai itulah yang membentuk manusia menjadi lebih baik, lebih bijaksana dan kritis dalam hidup.
III. Agama membantu manusia hidup lebih baik
Arti budaya telah diangkat kembali oleh reneisans dengan karakter naturalistik, yaitu budaya dipahami sebagai pembentukan manusia dalam dunianya, yakni sebagai pembentukan yang memperkenankan manusia hidup atas cara yang lebih bijaksana dan lebih sempurna dalam dunia yang adalah dunianya. Dalam konteks ini, agama mendapat tempat dan peranan penting. Agama dimengerti sebagai unsur integral dari budaya, terutama karena mengajarkan bagaimana hidup dengan baik, hidup dengan bijaksana dan nilai-nilai universal lainnya. Dalam agama terkandung ajaran-ajaran kebijaksanaan (dalam arti tertentu filsafat dipahami sebagai kebijaksanaan) yang dapat mengarahkan manusia kepada hidup yang lebih baik. Dengan demikian, hidup yang lebih baik dalam perspektif filsafat budaya adalah pembentukan kebijaksanaan secara internal dalam diri manusia melalui ajaran-ajaran agama.
Manusia tidak dapat dilepaskan dari agama dalam kehidupannya. Maksudnya adalah bahwa agama menjadi sarana di mana manusia dapat memenuhi keinginannya untuk dapat hidup dengan lebih bijaksana. Dengan kata lain agama membantu manusia untuk dapat hidup lebih baik. Melalui agama manusia dapat menjadi bijaksana untuk mencapai realisasi dirinya yang lengkap sehingga menjadi suatu microcosmos yang sempurna dalam macrocosmos.
Setiap agama umumnya mengajarkan kepada para penganut atau pengikutnnya untuk hidup sebagai orang yang saleh, baik di hadapan manusia maupun di hadapan yang ilahi. Dengan demikian agama dapat mengarahkan manusia kepada hidup yang lebih baik. Agama membentuk manusia untuk menjadi lebih baik, lebih bijaksana dengan menanamkan nilai-nilai universal dalam diri manusia itu.
Kemudian daripada itu pengetahuan merupakan salah satu unsur yang penting dalam hubungan dengan pembentukan manusia untuhidusecara lebih baik dan lebih sempurnaManusia adalamakluyang sadar dan mempunyai pengetahuan akan dirinyaSelain itu juga manusia jugmempunyai pengetahuan akan dunia sebagai tempat dirinya bereksistensiDunia yang dimaksudkan di sini adalah dunia yang mampu memberikan manusia kemudahan dan tantangan dalam hidup. Dunia di mana manusia bereksistensi dapat memberikan kepada manusia sesuatyang berguna bagi pembentukan dan pengembangan dirinyaPengetahuan merupakan kekayaan dan kesempurnaan bagi makhluyang memilikinyaManusia dapat mengetahusegala-galanyamaka ia menguasai makhlulain yang penguasaannya terhadap pengetahuan kurangDalam lingkungan manusia sendiri seseorang yang tahu lebih banyaadalah lebih baik bila dibandingkan dengan yang tidatahu apa-apaPengetahuan menjadikan manusia berhubungan dengan dunia dan dengan orang lain, dan itu membentumanusia itu sendiri.
Namun, pengetahuan manusia begitu kompleksPengetahuan manusia menjadi kompleks karena dilaksanakan oleh suatu makhluyang bersifat daging dan jiwa sekaligusmaka pengetahuan manusia merupakan sekaligus inderawi dan intelektifPengetahuan dikatakan inderawi lahir atau luar bila pengetahuan itu mencapai secara langsungmelalui penglihatan, pendengaran, penciuman, perasaan dan peraba, kenyataan yang mengelilingmanusiaSementara, pengetahuan itu dikatakan inderawi batin ketika pengetahuan itmemperlihatkan kepada manusia, dengan ingatan dan khayalan, baiapa yang tidaada lagatau yang belum pernah ada maupun yang terdapat di luar jangkauan manusiaPengetahuaintelektif merupakan watak kodrati pengetahuan manusia yang lebih tinggi.
Lalu bagaimana pengetahuan yang dimiliki manusia tentang dirinya dan dunianya dapamembentumanusia untuhidusecara lebih baik? Manusia mengetahui dirinya berartmengenal dengan baik kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirinyaSementaramanusimengetahui duninya berarti menusia mengenal secara baiapa yang ada atau terkandung dalam dunianya itu, baik potensi yang dapat memudahkan manusia itu sendiri maupun tantangan yang diperhadapkan kepadanyaKekurangan manusia dapat diatasi dengan apa yang ada dalam dunianyaTentu saja melalui suatu relasi, bairelasi dengan orang lain maupun relasi dengaalamPengetahuan dan pengenalan atas diri dan dunianya membantu manusia untumengarahkan dirinya kepada hiduyang lebih baik. Salah satu cara manusia mengetahui dirinya dan lingkungannya adalah melalui pendidikanDan pendidikan di sini tentu saja pendidikayang diharuskan untuseni yang baik, yang khas hanya untumanusia, dan yanmembedakannya dari semua binatang.
Unesco telah merumuskan empat pilar pendidikan (learning to know, learning to do, learning to be and learning to live together) untuk era memasuki abad ke-21. Ini dikaitkan dengan pembangunan manusia yang berkarakter lewat jalur filsafat. Kondisi kekinian yang semakin tidak terarah. Filsafat adalah pengunci bagi kegamangan yang sedang melanda indeks pembangunan manusia yang berkarakter saat ini. Ditengah semakin banyak manusia yang sedang jatuh dalam gelimang ketidaktahuan dan hanya menganggap ilmu filsafat  sebagai kaji teoritis dan hanya memandangnya sebagai tolok ukur belajar, maka ada hal yang perlu digali lagi sebagai manusia. Manusia yang memiliki karakter sejadinya harus membubuhi pikirannya dengan berbagai macam ilmu yang berakar dari filsafat. Pengkajiannya adalah menuju kebenaran yang hakiki, absolut dan bermanfaat di masa yang akan datang. Manusia yang belajar dengan filsafat maka terbentuk dengan karakter masing-masing. Integritas dari seorang manusia yang belajar filsafat selalu mengakomodir transfer keilmuannya pada titik pengembangan. Etika seorang ilmuwan yang menawarkan ilmu pengetahuan sebagai hasil dari filsafat pada setiap dunia yang terus berkembang.
Dari sinilah manusia merumuskan filsafat sebagai pembentuk karakter dalam kehidupannya. Filsafat secara garis besar hadir dalam segala bentuk ilmu pengetahuan. Manusia yang terus belajar akan mengakar dengan karakter yang sduah sedemikian rupa diolah filsafat. Output jadian yang dimiliki dalam bentuk ilmu sebenarnya merupakan bukti maujud filsafat itu sendiri. Seiring perjalanan manusia tersebut mulai mengasah karakter yang dimilikinya. Seorang ilmuwan fisika pasti akan menjadi pengukur yang handal dalam bidangnya, seorang ilmuwan bahasa pasti mampu mengakomodir perbendaharaannya, dll sebagai penguasa minat studi/ilmu lain. Maka manusia dianggap sebagai penguasa hati nurani mereka untuk menumbuhkan karakter dan berpengaruh pula pada lingkungannya. Semestinya manusia menjadi penyongsong pembangunan dengan pondasi karakter yang kuat. Pondasi kebangsaan yang sudah tertanam dalam bagian ilmu masing-masing. Manusia menjadi sosok paling dominan, terhadap kaumnya yang klasik dan memiliki kompetensi bawaan sebagai pencari ilmu. Prinsip keilmuan dari manusia itulah yang akan menjadikannya berkarakter, setelah bertemu muka dengan filsafat. Selain itu, filsafat juga menelaah bagian etika keseluruhan dari manusia tersebut. Apakah manusia tersebut masih masuk dalam insan yang selalu belajar? Mengerjakan kebenaran dan meninggalkan kesalahan. Institusi yang sedang dibangun filsafat dalam dunia global saat ini seharusnya bisa diartikan sebagai tingkat ukur kebenaran yang dibangun oleh dunia itu sendiri. Manusia yang berkarakter cukup mudah dibangun asalkan filsafat masuk dalam kategori yang sudah diporsikan sebagai pangkal dari pembangunan tersebut.
Bicara karakter maka definisi sederhananya adalah suatu kebiasaan yang menjadi pengarah dari tindakan tindakan kita yang endingnya jika kita bisa mengetahui kebiasaan kebiasaan seseorang kita juga bisa mengetahui sikap seseorang tersebut pada suatu situasi atau kondisi yang terjadi atau dengan kata lain karakter adalah rangkaian tindakan yang terjadi secara spontan karena sudah tertanam dalam pikiran dan disebut dengan kebiasaan. Domain terpenting dalam pembentukan karakter adalah pikiran kita. Apa yang kita pelajari,apa yang kita alami,apa yang kita lakukan,apa yang kita kembangkan dan semua yang terjadi dalam perjalanan kehidupan kita semuanya terekam dalam memori otak.
Lantas kembali terulang pertanyaan, apakah kita sudah memahami benar karakter yang tersirat dalam setiap ilmu yang kita pelajari? Manusia yang memiliki norma dan aturan yang berkembang dalam kehidupannya adalah salah satu contoh pembangunan manusia yang berkarakter. Lebih jelas lagi, ketika manusia tersebut sadar bahwa ilmu yang dipelajari adalah untuk mengangkat marwah dirinya dan negeri ini. Belajar ilmu pengetahuan adalah belajar dari buah, dimana buah tersebut sebenarnya memiliki pohon besar yang mampu berbuah tanpa mesti menungggu musim panen. Pohon tersebut adalah pohon filsafat. Mengkaji filsafat dalam membangun manusia yang berkarakter secara sempurna sangat diharapkan. Apalagi negeri ini sudah begitu bobrok sehingga kita butuh sebuah karakter yang kuat. Karakter anti korupsi yang sebenarnya bisa disandingkan dengan beberapa karakter lainnya. Filsafat ada dalam setiap gerak langkah kita, ilmu adalah jalannya. Maka manusia yang menguasai filsafat adalah manusia yang berkarakter.



Daftar Bacaan

Zainal Abidin, Filsafat Manusia, Mengenal Manusia dengan Filsafat PT Rosda Remaja, 2006, Bandung)

K. Bertens, Panorama Filsafat Modern, Gramedia Pustaka Utama, 2005, Jakarta

Franz Magnis Suseno, Pemikiran Karl Marx, Gramedia Pustaka Utama, 1999, Jakarta
(Musa Asy’ari, Filsafat Islam, 1999)
Faizah, Hasnah. Filsafat Ilmu.2009. Cendekia Insani:Pekanbaru
Prof.Dr. Bakhtiar, Amsal.Filsafat Ilmu. 2013. Raja Grafindo Persada:Jakarta

Komentar

Postingan Populer