Rumah Seni Tarbiyah Pentaskan Drama “Kasir Kita” di UIN Susqa Riau



(Pekanbaru). Minggu ini sebuah pertunjukan drama akan dipentaskan di Gedung Tarbiyah UIN Susqa Riau. Pentas yang bertajuk “Kasir Kita” itu rencananya akan naik panggung pada Sabtu (21/5) pukul 16.30 wib. Tentu saja kegiatan ini menarik mahasiswa yang notabene calon pendidik. Pementasan yang ditaja oleh Tempuling Project ini merupakan salah satu garapan dengan jenis monolog. Monolog sendiri seperti yang diketahui merupakan jenis drama dengan seorang aktor. Kekuatan aktor menjadi faktor fundamental dalam drama tersebut. Alhasil aktor harus benar-benar siap fisik dan mental untuk membuat pesan yang disampaikan kepada penonton.
Melihat iklim kota Pekanbaru yang saat ini kering dengan pementasan teater membangkitkan Tempuling Project untuk berproses. Dalam proses 30 hari kerja ini, seorang aktor dibentuk dan dipoles secara matang. Dalam hal ini Guntur Darusman yang merupakan mahasiswa UIN Susqa Riau jurusan Pendidikan Bahasa Inggris sanggup mengikuti pola latihan yang diberikan oleh sutradara Rian Harahap.
Monolog yang disampaikan sebenarnya bercerita tentang kegelisahan seorang kasir yang telah ditinggalkan istrinya. Ia ditinggalkan karena perempuan tersebut memiliki pria idaman lain. Namun semuanya harus penuh dengan kegamangan, pasangan suami-istri itu tak rela kehilangan kedua anaknya hanya karena mereka bercerai. Kisah ini menyiratkan sebuah kondisi rumah tangga yang ada di Indonesia saat ini. Perihal sebuah perselingkuhan ataupun kegaduhan yang rentan dengan perceraian, namun anaklah yang menjadi obat dari semuanya.
Rencananya “Kasir Kita” juga akan dipentaskan di Padang, Medan serta Aceh di sepanjang tahun 2016. Setelah mementaskan di beberapa kampus di Pekanbaru. Tempuling Project sengaja mementaskannya di kampus-kampus, ini sebagai bentuk pertanggungjawaban pada insan-insan intelektual muda yang jarang menonton drama. Pementasan ini juga didukung penuh oleh Riau Expose.com, BEM Fakulltas Tarbiyah UIN dan Rumah Seni Tarbiyah. (*)

Komentar

Postingan Populer